Pilkada 2020

Minggu, 22 Maret 2020 - 04:19 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

KPU Manggarai Tunda Pelaksanaan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih

Floreseditorial.com, Ruteng – Indonesia masih menjadi negara pertama di Asia yang terpapar virus Corona (Covid-19). Bahkan Indonesia menjadi urutan ketiga di dunia setelah Iran.

Pemerintah pusat sudah mengeluarkan surat edaran kepada kepala daerah seluruh Indonesia hingga kamlan Sosial Distance yang terus dikumandangkan yang bertujuan menghindari berkontak fisik langsung dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus Corona.

Hal itupun, menjadi bahan rujukan komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Manggarai untuk menunda sekurangnya tiga tahap proses pilkada tahun 2020. KPU Kabupaten Manggarai bahkan telah menunda jadwal pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) yang jatuh pada hari ini dan besok.

Kabar penundaan tiga (3) tahapan pilkada Manggarai itu disampaikan oleh Kordiv Hukum dan pelanggaran KPU Kabupaten Manggarai Rikardus Jemmy Pentor.

Rikar menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima surat dari KPU RI No 179/PL.02-KPT/01/KPU/II/2020 Tentang penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur Bupati dan Wali kota tahun 2020 dan mengaju pada Surat Edaran KPU RI No 8 tahun 2020 tentang pelaksanaan Keputusan KPU RI no 179.

“Merujuk pada surat keputusan tersebut maka, KPU Manggarai telah mengambil keputusan untuk menunda beberapa tahapan pilkada 2020,” kata Rikard, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya ada tiga tahapan pilkada Manggarai yang tunda yaitu
Menunda pelantikan PPS yg dalam jadwal dilaksanakan hari ini (22 maret 2020) untuk 4 kecamatan dan besok (23 maret 2020) untuk 8 kecamatan, Menunda pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih ( PPDP ) dan Menunda pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

“Pelaksanaan pelantikan PPS dapat dilaksanakan setelah KPU kabupaten Manggarai berkoordinasi dengan pihak yang berwewenang yang menyatakan bahwa kabupaten manggarai belum terdampak penyebaran covid 19, maka pelantikan PPS baru akan dilakukan,” ujar Rikar kepada media ini.

Ia juga mengatakan bahwa keputusan penundaan tiga tahapan pilkada Manggarai akan berkoordinasi juga dengan Bawaslu Kabupaten Manggarai dan pihak-pihak terkait.

“Untuk menindaklanjuti keputusan KPU RI no 179, KPU Kab Manggarai akan mengeluarkan keputusan penundaan Tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Manggarai setelah didahului berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Manggarai dan pihak-pihak terkait,” tutupnya.

Laporan : Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 538 kali

Baca Lainnya
x