Pilkada 2020

Kamis, 12 Maret 2020 - 06:44 WIB

12 bulan yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

Bawaslu Manggarai Akan Lantik 171 PDK Untuk Awasi Pilkada Manggarai 2020

Floreseditorial.com, Ruteng –
Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) kabupaten Manggarai akan melantik 171 orang Panwaslu Desa/Kelurahan (PDK) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Manggarai di semua kecamatan pada hari Jumat dan Sabtu (13-14/3/2020) besok.

Bawaslu kabupaten Manggarai sudah melakukan tahap seleksi calon PDK melalui panwaslu kecamatan. Proses seleksi dilakukan dengan tiga tahap yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara dan tanggapan masyarakat mulai 10 februari- 10 Maret 2020.

Kepada awak media ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Kordiv OSDM Marselina Lorensia, calon PDK yang terpilih yang akan dilantik besok datang dari berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman kepemiluan. Marselina juga menjelaskan proses seleksi calon PDK dilakukan dengan transparan.

“Tahapan proses seleksi sudah dilakukan di setiap kecamatan oleh panwascam. Kewajiban kami di Bawaslu Kabupaten terhadap masukan masyarakat adalah mengkonfirmasi dan mengklarifikasi ke pihak terkait kebenaran masukan yang dimaksud,” ujar Marselina, Kamis (12/3/2020).

Selanjutnya, Marselina mengatakan calon PDK yang akan dilantik besok akan dibimbing serta diperkuat kan kapasitasnya mereka masing-masing. Hal ini perlu dilakukan sebab kabupaten Manggarai masuk dalam daerah rawan tinggi.

“Semua calon Panwaslu Desa Kelurahan akan di dilakukan bimbingan untuk memperkuat kan lagi kapasitas mereka terkait dengan pengawasan. Integritas dan kualitas pengawas harus benar-benar teruji, menimbang Manggarai masuk dalam kategori rawan tinggi,” lanjut Mantan Dosen Unika ST. Paulus Ruteng itu.

Ia juga menambahkan sejak dibukanya tahap pengaduan atau tanggapan masyarakat terhadap calon PDK yang lulus administrasi wawancara mulai 6-10 Maret nihil tanggapan masyarakat.

“Sejak dibukanya tahapan untuk pengaduan masyarakat dalam menanggapi calon Panwaslu Desa kami tidak ada terima laporan atau pengaduan dari masyarakat. Sehingga kami percaya bahwa semua Panwaslu Desa yang terpilih oleh masing-masing panwascam adalah bersih atau tidak berafiliasi dengan parpol atau bakal calon,” tutup Marselina, kepada media, Kamis (12/3/2020).

Berikut persebaran calon PDK yang akan dilantik di setiap kecamatan.

Wae Ri’i 17 orang
Ruteng 19 orang
Satar mese 23
Reok 10
Langke Rembong 20
Cibal 17
Lelak 10
Rahong 12
Satar Mese Barat 12
Cibal Barat 10
Reok Barat 10
Satar Mese Utara 11

Laporan: Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 350 kali

Baca Lainnya
x