Pilkada 2020

Rabu, 19 Februari 2020 - 07:32 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Pose bersama ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat Bersama peserta Sosialisasi (Foto: TeamYPF/Edi Risal)

Pose bersama ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat Bersama peserta Sosialisasi (Foto: TeamYPF/Edi Risal)

Bawaslu Manggarai Barat Pertegas Netralitas ASN, TNI dan POLRI Jelang Pilkada

Floreseditorial.com, Labuan Bajo –
Badan pengawas pemilu (Bawaslu) kabupaten Manggarai Barat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI dan Polri menjelang pemilihan umum kepala daerah september 2020 mendatang.

Sosialisasi tersebut berlangsung di aula hotel prundi labuan Bajo, Rabu (20/2/2020).

Ketua Bawaslu Simeon S. Sofian kepada media mengatakan, untuk menegakan netralitas ASN, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah aturan perundang-undangan.

Namun katanya, untuk mengantisipasi tingkat pelanggaran terhadap asas netralitas di kalangan ASN maka perlu melakukan sosilisasi.

“ketidaknetralan ASN dapat mengakibatkan keberpihakan dan ketidakadilan dalam pembuatan kebijakan dan penyelenggaraan pelayanan serta menimbulkan kerugian bagi masyarakat”, Kata Sofian.

Dijelaskanya, salah satu aspek penting dalam penegakan netralitas ASN adalah aspek pengawasan.

“Kita semua memiliki kewajiban untuk saling mengawasi. Apabila ditemukan ada ASN yang terlibat aktif dalam politik dapat disampaikan kepada Bawaslu untuk dapat ditindaklanjuti sesuai perundang-udangan yang berlaku”, imbuhnya.

Ketika ditanyai perihal adanya ASN yang mencalonkan diri sebagai pasangan kandidat pilkada, Sofian menjelaskan bahwa itu belum masuk dalam pelanggaran ketidaknetralitasan ASN.

“Dikatakan tidak netral apabila yang bersangkutan mendaftarkan diri menjadi pasangan calon ke KPU. Tetapi sepanjang masih status bakal calon, itu sah-sah saja”, tutupnya.

Laporan : Edi Risal

Artikel ini telah dibaca 486 kali

Baca Lainnya
x