Pilkada 2020

Rabu, 22 Januari 2020 - 01:10 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Kordiv Pencegahan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Manggarai, Herybertus Harun (Ist)

Kordiv Pencegahan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Manggarai, Herybertus Harun (Ist)

Bawaslu ke KPU “Perekrutan PPK Oleh KPU Harus Sesuai Ketentuan UU”

Floreseditorial.com, Ruteng – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Manggarai terpantau mengawasi secara langsung kegiatan perekrutan Panitia pemilihan kecamatan (PPK) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Manggarai, Selasa (21/1/2020).

Pengawasan tersebut telah dilakukan sejak 18 Januari lalu dan akan terus berlangsung hingga 24 Januari mendatang.

Koordinator Pencegahan, Humas dan Hubungan Antara Lembago Bawaslu kabupaten Manggarai Herybertus Harun kepada media ini mengatakan bahwa pengawasan dilakukan dengan ketat dalam perekrutan panitia Adhoc PPK, PPS oleh KPU kabupaten Manggarai.

Selain melakukan pengawasan, kata dia, Bawaslu juga akan menerima laporan masyarakat terkait informasi calon PPK dan PPS yang mendaftarkan diri di KPU.

“Hal ini bertujuan untuk mendapatkan penyelenggara pilkada yang mandiri, jujur dan berintegritas,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bawaslu Manggarai akan melakukan pengawasan pada saat seleksi administrasi dan tes tertulis.

Hery berharap KPU kabupaten Manggarai melakukan perekrutan PPK sesuai dengan ketentuan undang-undang.

“Kami akan melakukan pengawasan langsung pada saat seleksi berkas dan ujian tertulis. Kami berharap KPU melaksanakan proses perekrutan Panitia adhoc sesuai ketentuan yang berlaku agar PPK yang terpilih benar-benar memiliki integritas, mandiri dan jujur,” lanjutnya.

Diwawancarai terpisah, komisioner komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Manggarai Rikardus Pentor, menyambut baik atas perhatian dan semangat Bawaslu Manggarai dalam pengawasan selama proses perekrutan Panitia adhoc.

“Pada prinsipnya kami memberi apresiasi atas pengawasan melekat Bawaslu pada setiap tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Manggarai 2020. Termasuk dalam tahapan perekrutan Panitia adhoc,”ujar Rikar Kepada media ini,Selasa (21/1/2020).

Rikar juga menyebut bahwa masyarakat mempunyai peran penting dalam mengawasi perekrutan calon anggota PPK yang akan menyebar di 12 kecamatan berupa masukan dan tanggapan. Ia berharap calon anggota yang terpilih nanti benar-benar indepnden.

Laporan : Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 136 kali

Baca Lainnya
x