Pilkada 2020

Rabu, 15 Januari 2020 - 06:04 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Hery Harun, Kordiv Humas Dan Hubungan Antara Lembaga Bawaslu Manggarai (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Hery Harun, Kordiv Humas Dan Hubungan Antara Lembaga Bawaslu Manggarai (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Bawaslu Manggarai Awasi Rekrutmen PPK Pilkada 2020

Floreseditorial.com, Ruteng – Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) kabupaten Manggarai akan mengawasi proses seleksi prekrutan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang akan dilakukan oleh komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Manggarai.

Dalam hal ini Bawaslu Manggarai melakukan pengawasan pembentukan PPK, PPS dan KPPS, sesuai amanat undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota menjadi undang-undang.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator pencegahan, humas dan hubungan antar lembaga, Herry Harun menjelaskan Bawaslu Manggarai akan melakukan sejumlah hal yakni melakukan pemetaan kerawanan, melakukan pencegahan, dan melaksanakan pengawasan secara langsung maupun tidak langsung.

“Kami akan melakukan pemetaan wilayah kerawanan, melakukan pencegahan dan pengawasan baik itu secara langsung maupun tidak langsung,” tegas Herry, Kepada media Rabu (15/1/2020).

Untuk itu Herry juga berharap agar KPU Kabupaten Manggarai melaksanakan proses prekrutan anggota PPK dan PPS dilakukan sesuai dengan jadwal dan diumumkan secara terbuka kepada masyarakat serta penerimaan dan penentuan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan juknis yang ada.

“Kami berharap agar KPU Manggarai menaati aturan dalam proses rekrutmen penyelenggara adhoc,” ujar mantan Wartawan Timex Kupang itu.

Ia juga menegaskan agar anggota PPK,PPS, dan KPPS yang terpilih nantinya tidak berafiliasi dengan partai politik dan kandidat, serta tidak pernah menjadi tim kampanye partai politik.

“Kami berharap semua anggota PPK, PPS, KPPS yang terpilih nanti benar-benar bersih dari unsur partai politik, tidak pernah jadi tim kampanye partai politik,” lanjutnya, Rabu (15/1/2020).

Sedangkan untuk konteks pencegahan Bawaslu Manggarai telah mengirim surat himbauan kepada KPU Mangarai, serta berkoordinasi dengan pihak terkait dan membuat layanan informasi serta pengaduan terhadap adanya dugaan pelanggaran dalam proses pembentukan panitia adhoc.

Laporan: Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 104 kali

Baca Lainnya
x