Pilkada 2020

Sabtu, 11 Januari 2020 - 04:46 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Rapat koordinasi

Rapat koordinasi "lejong Ngopi" di basecamp rumah baca aksara yang berada di Langgo kelurahan Carep kabupaten Manggarai (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Bawaslu Manggarai Gelar Rakor “Lejong Ngopi”

Floreseditorial.com, Ruteng – Badan pengawasan pemilihan umum (Bawaslu) kabupaten Manggarai menggelar rapat koordinasi “lejong Ngopi” di basecamp rumah baca aksara yang berada di Langgo kelurahan Carep kabupaten Manggarai, Sabtu (11/1/2020).

Kegiatan ini melibatkan sejumlah Stacholders dari puluhan komunitas di kabupaten Manggarai. Rakor dengan pola pendekatan budaya ini bertujuan untuk memperluas jejaring pengawasan dalam rangka menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak pada 23 September 2020.

Ketua Bawaslu Manggarai Maria Lorensia, dalam sambutannya mengatakan rakor dengan pola pendekatan budaya melibatkan komunitas dari berbagai elemen seperti, komunitas seni, komunitas tari, komunitas baca dan beberapa lainya.

Kegiatan ini berlangsung hari penuh dengan memberikan sejumlah materi seperti: kesiapan Bawaslu menghadapi pemilihan kepala daerah tahun 2020, pengawasan tahapan dan penanganan pelanggaran Pilkada.

“Materi dasar pengawasan kami bagikan ke peserta rakor. Selain itu juga ada materi Siapa? Kapan? dan bagaimna? Proses laporan pelanggaran Pilkada diproses,” jelas Marselina, Sabtu (11/1/2020).

Koordinator pencegahan dan hubungan antar lembaga Herry Harun juga mengatakan puluhan komunitas ya g tergabung dalam rumah baca aksara diharapkan menjadi ujung tombak pengawasan partisipatif dalam pilkada kabupaten Manggarai mendatang.

“Kami sangat berharap semua peserta rakor turut ambil bagian dan aktif dalam pengawasan pilkada mendatang,” kata Herry kepada wartawan, Sabtu (11/1/2020).

Selain itu, koordinator hukum Bawaslu Manggarai Fornatus Hamsah Manah mengatakan masyarakat juga dapat memberikan laporan terkait dengan pelanggaran Pilkada.

“Kami sangat terbuka dengan semua laporan masyarakat. Semua laporan pasti diproses yang terpenting memenuhi syiarat kami akan tindak lanjuti laporanya,” tegas Alfhan.

Laporan : Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 103 kali

Baca Lainnya
x