Pilkada 2020

Selasa, 24 Desember 2019 - 06:03 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Sekretaris DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat Abdul Ganir,S.H (Foto:Ist)

Sekretaris DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat Abdul Ganir,S.H (Foto:Ist)

Beredar Rekomendasi DPP PAN Usung Marsel Jeramun, Sekretaris DPD: PAN Mabar Belum Merekomendasikan Siapapun

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Pemilihan bupati dan wakil bupati manggarai barat memang baru akan dilaksanakan setahun lagi, namun tensi politik di Kabupaten yang berada di wilayah paling barat pulau Flores itu terus menunjukkan eskalasi yang semakin meningkat.

Manuver-manuver politik pun terus dimainkan. Saling sikut hingga mengklaim diri bahwa telah diusung oleh DPP pun tidak terelakan di partai besutan Agustinus CH. Dulla itu.

Baru-baru ini sebuah dokumen rekomendasi dewan pimpinan pusat partai amanat nasional (DPP PAN) yang menunjukkan dukungan pada Marsel jeramun untuk maju sebagai calon yang akan diusung partai amanat nasional di Kabupaten Manggarai Barat beredar luas di media sosial.

Namun rekomendasi yang dikeluarkan DPP itu diterbitkan jauh sebelum tim Penjaringan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat dibentuk oleh DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat.

Sontak kondisi ini mengundang tanya sejumlah kalangan termasuk dari internal Partai Amanat Nasional kabupaten Manggarai Barat Itu Sendiri.

Ketua DPC PAN kecamatan Komodo yang juga merupakan anggota tim 12 Penjaringan bupati dan wakil bupati Kabupaten Manggarai Barat Muhammad Syukur, S.Sos kepada floreseditorial.com menjelaskan bahwa sejauh ini partai amanat nasional Kabupaten Manggarai Barat belum merekomendasikan siapapun untuk maju menjadi Bupati maupun wakil bupati di Kabupaten Manggarai Barat.

“Manuver politik saudara Marcel Jeramun sudah berlebihan, karena sama sekali tidak menghargai DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat,” katanya, Selasa (24/12/2019).

Menurutnya manuver anggota DPRD kabupaten Manggarai Barat itu sudah sangat mengangkangi keputusan DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat karena tidak menghargai Setiap proses yang ada di internal partai.

“Hasil pertemuan kami beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa PAN belum mengusul siapapun untuk maju sebagai bupati maupun wakil bupati di Kabupaten Manggarai Barat. Nah.. kalau sudah ada rekomendasi seperti ini apalagi diterbitkan jauh sebelum tim Penjaringan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat terbentuk untuk apa tim penjaringan bupati dan wakil bupati manggarai barat dibentuk, prosedur ini cacat,” kata pria yang juga menjabat sebagai wakil sekretaris DPD PAN Mabar itu.

Ia menegaskan bahwa pihaknya akan segera mengambil sikap dengan melapor kepada ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat Agustinus CH. Dulla atas beredarnya dokumen rekomendasi DPP Partai amanat nasional yang mengusung Marsel Jeramun tanpa sepengetahuan DPD.

“Karena prosesnya tak sesuai AD/ART Partai,” ketusnya.

Dihubungi Melalui sambungan telepon, ketua DPC PAN Kecamatan Welak Hendrikus Jehudin, S.H membenarkan perihal beredarnya dokumen tersebut di media sosial.

Dokumen Rekomendasi DPP PAN yang beredar luas di Media Sosial (Ist)

“Saya juga dapat dokumen tersebut tapi bukan dari media sosial namun dikirim langsung oleh saudara Marsel Jeramun melalui WhatsApp beberapa Waktu lalu,” kata ketua DPC PAN kecamatan Welak itu.

Menurutnya dirinya juga mengaku heran dengan rekomendasi tersebut, pasalnya sejauh ini partai amanat nasional Kabupaten Manggarai Barat belum merekomendasikan siapapun untuk maju menjadi Bupati maupun wakil bupati di Kabupaten Manggarai Barat.

“Apalagi Rekomendasi tersebut terbit jauh sebelum tim 12 Penjaringan bupati dan wakil bupati Kabupaten Manggarai Barat dibentuk,” ungkapnya.

Dirinya meminta agar Marsel Jeramun segera menjelaskan perihal rekomendasi DPP PAN.

“Saya meminta saudara Marsel Jeramun untuk menjelaskan ke publik perihal proses hingga rekomendasi DPP PAN atas dirinya, agar polemik ini segera berakhir & tim12 dapat melanjutkan agenda kerjanya. Saya hanya kwatir kepercayaan publik terhadap DPD PAN Mabar akan sirna, karena ‘ulah’ nila setitik rusak susu sebelanga,” tukasnya.

Sementara Sekretaris DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat Abdul Ganir,S.H menjelaskan bahwa DPD PAN belum merekomendasikan siapapun untuk menjadi Calon Bupati atau calon Wakil Bupati.

“Dalam kapasitas saya sebagai Sekrataris DPD PAN Manggarai Barat, PAN belum pernah mengeluarkan rekomendasi,” tukasnya singkat.

Sementara hingga berita ini diturunkan, media belum berhasil menghubungi Marselinus Jeramun.

Laporan: Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 151 kali

Baca Lainnya
x