Pilkada 2020

Minggu, 22 Desember 2019 - 15:53 WIB

9 bulan yang lalu

logo

Pose bersama usai pelantikan anggota Panwascam di kabupaten Manggarai (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Pose bersama usai pelantikan anggota Panwascam di kabupaten Manggarai (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Panwascam Manggarai Dilantik

Floreseditorial.com, Ruteng – Pelantikan 36 anggota Panwascam Kabupaten Manggarai untuk pengawasan pemilihan kepala daerah 2020 telah dilaksanakan di Aula Hotel Victorya, Minggu 21/12/2019.

Pantauan floreseditorial.com di lokasi, acara pelantikan dihadiri oleh Bupati Manggarai Dr.Demo Kamelus, SH.MH, Komisioner KPU Kabupaten Manggarai, Perwakilan Kapolres Manggarai, Dandim 1612 Manggarai, Perwakilan pimpinan Partai politik, Perwakilan OPD serta Utusan dari para rohaniwan.

Upacara pelantikan 36 orang anggota panwascam Kabupaten Manggarai diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bawaslu, selanjutnya dibacakan surat keputusan pengangkatan panwas kecamatan kabupaten manggarai Nomor: 26/Bawaslu-Manggarai/SK/12/2019 Tentang pengangkatan Anggota Panitia Pengawas Kecamatan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Tahun 2020 oleh koordinator sekretariat bawaslu kabupaten manggarai.

Setelah pengangkatan sumpah serta janji jabatan peserta panwascam Bupati Manggarai memberi sambutan. Dalam sambutannya Bupati Manggarai menyampaikan bahwa peristiwa pelantikan anggota panwascam saat ini mesti dimaknai sebagai suatu titik penting yang akan melandasi kerja-kerja bersama agar agenda politik mantinya menghasilkan pemimpin yang berkwalitas.

“Bahwa siapa saja yang terpilih nantinya adalah figur yang terpercaya oleh mayoritas masyarakat Manggarai”, terangngnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa, panwascam Kabupaten Manggarai mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik agar agenda pemilihan bupati dan wakil bupati berlangsung dalam suasana yang demokratis tidak terdapat ruang kecurangan dan sepenuhnya terlaksana sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya sungguh yakin bahwa para petugas panwascam yang sudah dilantik memahami tugas-tugas dan fungsi mereka sebagaimana telah diatur dalam undang-undang,” imbuhnya

Deno juga mengingatkan bahwa, diantara beberapa tugas panwascam kecamatan diantaranya terapat dua poin yaitu melakukan penindakan dan pencegahan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran pemilu dan mencegah terjadinya praktik money politik serta mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut dalam kegiatan kampanye sebagaiman yang diatur dalam undang-undang.

Dirinya berharap agar peserta panwascam bisa bertindak jernih dan jujur sehingga terpilihnya pemimpin manggarai yang sesuai dengan keinginan rakyat Manggarai.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama ketua bawaslu Kabupaten mangarai Marcelina Lorensia, M.Pd menjelaskan bahwa berdasarkan amanat UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 dan UU Nomor 10 Tahun 2016 dan surat dari ketua bawaslu Nomor 0502/K.Bawaslu/5.00.01/XI/2019 Tentang pembentukan panwascam dalam tangka pemilihan Gubernur, Bupati dan walikota Tahun 2020 bahwa bawaslu Kabupaten berwenang untuk membentuk panwas Kecamatan dan mengangkat serta memberhentikannya.

Menurutnya, proses pembentukan panwascam dilakukan dengan desain rekrutmen sebagaimana pedoman keputusan bawaslu tentang keputusan panwas kecamatan.

“Banyak parameter yang ditetapkan dalam seleksi selain faktor integritas dan kredibilitas, pengetahuan dan wawasan tentang pemilihan, juga ketrampilan seorang panwas kecamatan”Jelasnya

Kata dia, seorang panwas kecamatan dituntut harus menguasai kemampuan dasar seperti kemampuan menggunakan komputer karena melalui tes online.

“Memilih panwascam yang mengandung ekspektasi sebagaimana mandat UU tidak saja menjadi harapan dari bawaslu, bawaslu provinsi tetapi juga harapan bublik atau harapan masyarakat luas”Tandasnya.

Laporan: Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 796 kali

Baca Lainnya
x